Jumat, 03 September 2010

Agar Segar Saat Bangun Pagi

Tips agar segar saat bangun pagi

1. Berpikir yang indah
    Begitu bangun pagi, pikirlah selalu bahwa hari ini adalah hari yang indah. Hari ini kita akan tertawa bersama teman-teman atau kita bergembira bersama keluarga. Saat-saat seperti itu tentu akan membuat kita bahagia. Dengan berpikir positif seperti itu, kita jadi tak sabar untuk mengawali hari dengan penuh semangat. 

2. Melihat yang cerah
    Begitu bangun pagi, lihatlah benda-benda berwarna cerah di sekeliling kamar. Misalnya, foto atau poster pemandangan gunung, laut, bunga, taman, dan sebagainya. Atau, menatap bunga dalam vas yang dipajang dalam kamar kita. Dengan melihat pemandangan dan warna cerah, bisa menghentikan keluarnya hormon melatonin (hormon yang membuat kita mengantuk) dari tubuh kita. Alhasil, mata kita akan terbuka lebar, tubuh akan terjaga, dan kita akan merasa semangat pada pagi hari.

3. Mendengar irama riang
    Begitu bangun pagi, dengarkan musik berirama riang. Misalnya, irama hip hop, rap, atau reggae. Menyanyi dan berjoget-jogetlah sesuka hati dengan iringan irama tersebut. Dengan begitu, perasaan malas dan mengantuk akan lenyap seketika.


4. Memijat wajah
    Begitu bangun tidur, cobalah memijat-mijat wajah kita sendiri. Mulailah dari dahi, kemudian terus ke bawah hingga ke dagu. Atau, bisa juga terus ke samping hingga ke pipi. Dengan begitu, peredaran darah pada wajah kita lancar. Selanjutnya, kita akan merasa segar dan bersemangat.


5. Minum air putih
    Begitu bangun tidur, minumlah segelas air putih. Selain baik untuk mengganti cairan tubuh kita yang hilang selama tidur, air putih juga menyegarkan tubuh dan memperlancar buang air besar (BAB).


6. Mandi air dingin
    Bila badan kita sehat, agar segar dan bersemangat, usahakan mandi dengan air biasa (bukan air hangat). Air bersuhu normal seperti itu sangat ampuh untuk "membangunkan" tubuh kita. Alhasil, rasa lemas dan malas yang masih menyelimuti diri kita akan hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar