Minggu, 19 September 2010

5 Menit Relaksasi Mata Setelah Berkomputer

Gadis Try ItTernyata nggak hanya badan, lho yang bisa capek dan pegal, tapi mata juga. Apalagi setelah kita seharian nonton teve atau bermain komputer. Tanpa sadar, tiba-tiba kita merasa mata seperti tertekan, berair, dan kepala pusing. Gangguan ini disebabkan oleh otak yang terus menerus fokus pada suatu titik. Jadi bikin otot-otot di sekitar mata berkontraksi terus tanpa relaksasi.

Kalau dibiarkan, lama-lama bisa sakit kepala itu akan menjalar ke bahu dan punggung. Nah, supaya mata tetap sehat, selain kita harus selalu menjaga jarak pandang mata dengan komputer dan mengatur posisi duduk, sering-seringlah relaksasi mata. Nggak lama, kok cukup 5 menit saja. Caranya:
  • Alihkan pandangan dari komputer setiap 15 menit sekali. Yang paling baik sih melihat ke jendela, dimana kita bisa melihat cahaya dan pemandangan yang bisa merelaksasi otot mata. Cara mudah lain yang bisa kita lakukan adalah dengan memejamkan mata selama 20 detik.
  • ‘Senam’ mata. Cukup dengan menggerakkan mata ke atas, bawah, samping kanan dan kiri, masing-masing selama lima detik.
  • Pijat daerah mata. Caranya, menggunakan ujuang jari, pijat daerah tulang alis ke arah bawah lengkungan alis selama 1 menit. Lalu dengan ibu jari, tekan daerah yang ada tepat di sudut dalam lipatan kelopak  mata. Tekan dan lepaskan sampai hitungan 5 kali.
Ternyata mudah, kan relaksasi mata itu? Jadi, selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar